Fashion adalah istilah umum untuk gaya atau
mode. Fashion dan wanita merupakan
dua hal yang tidak terpisahkan antara satu dengan yang lainnya. Setiap wanita ingin tampil gaya dan terlihat
menarik. Karena itu berbagai macam
aksesoris seperti baju, sepatu, tas sampai perhiasan dengan model terbaru, pastinya akan menarik perhatian para
wanita yang mengaku diri sebagai
fashionista, yaitu seseorang yang terlibat dalam dunia mode atau dengan semangat untuk fashion. Kata fashionista
ini juga dipakai untuk menjelaskan
seseorang yang mempunyai personal style yang luar biasa. Sebagai efek dari gaya hidup atau lifestyle
tersebut itulah tidak jarang status
sosial para fashionista dinilai dari merek atau brand sepatu, tas, atau apapun yang mereka gunakan. Dengan mengenakan
produk branded meningkatkan kepercayaan
diri dan menimbulkan kebanggaan tersendiri.
Salah satu produk fashion yang digemari
khususnya untuk kaum wanita antara
lain tas. Untuk bepergian ke tempat yang berbeda atau keperluan berbeda, sebagian wanita menggunakan tas yang
berbeda-beda, sehingga beragam tas bermerek
bermunculan dengan variasi model dan warna. Dengan penampilan yang matching, ditunjang produk dari merek
ternama menjadikan fashion sebagai salah satu alat pemuas kebutuhan bagi
fashionista.
Tas branded atau tas bermerk memiliki pasar yang
sangat luas, terutama dikalangan masyarakat menengah ke atas. Pertumbuhan
jumlah masyarakat menengah ke atas dengan kemampuan ekonomi yang baik sangat
pesat sehingga permintaan produk fashion semakin tinggi demikian juga dengan
permintaan tas branded. Tas Branded atau
tas bermerk sangat banyak jumlahnya, yang dimaksud dengan tas branded umumnya
adalah tas impor, tas yang berasal dari luar negeri. Tas branded memiliki daya
tarik tersendiri di kalangan penggemar tas impor terutama kaum wanita, walau
tidak sedikit tas branded juga disukai oleh kaum pria.
Tas Branded masing-masing memiliki kelebihan
dalam desain maupun kualitas, memiliki ciri khas yang pasti sudah dikenal oleh
para penggemar tas branded. Harga tas branded dapat mencapai ratusan ribu rupiah per tas, tergantung merk dan model
tas tersebut. Peluang usaha tas
branded wanita akan tetap baik sepanjang masa, bisa menjadi bisnis yang besar
karena permintaan tetap banyak dan semakin bertambah. Sebut saja Celline, Michael Kors, Coach, Prada,
Hermes dan lain-lain yang merupakan merk tas terkenal dikalangan penggemas tas.
Merk-merk tersebut merupakan incaran dari kalangan masyarakat yang merupakan
penggemar tas impor bermerk dan incaran para kolektor tas.
Cara penjualan modern menggunakan internet
sebagai sarana utama, baik
website, blog, maupun melalui akun jejaring sosial. Saat ini sudah menjadi hal yang lumrah bagi pelaku bisnis
dunia fashion untuk menjual produknya
melalui media internet (online). Agar
menarik minat konsumen untuk bertransaksi di sebuah online shop, tentu berkaitan dengan apa produk yang
ditawarkan oleh online shop itu sendiri. Jika
suatu produk sudah diketahui masyarakat umum mengenai kualitasnya atau produk tersebut sudah memiliki merek yang kuat,
maka akan menarik minat konsumen.
Harga juga dapat menimbulkan minat konsumen,
terlebih untuk konsumen yang
sensitif terhadap harga. Dengan adanya selisih harga tertentu akan menentukan minat konsumen untuk bertransaksi
membeli sebuah produk khususnya dalam
pembelian secara online. Selain produk dan harga, kemudahan pembelian yang ditawarkan melalui pembelian
secara online juga berperan dalam menarik
minat konsumen. Misalnya bagi konsumen yang tidak memiliki cukup waktu untuk berkunjung ke toko-toko untuk
melakukan pembelian secara tradisional,
bisa berminat untuk berbelanja online karena salah satu kemudahan dari pembelian secara online yang bersifat
realtime dan bisa diakses dimana saja.
Dalam menjual sebuah produk dibutuhkan promosi
untuk menyampaikan informasi mengenai
produk tersebut kepada konsumen agar konsumen tertarik akan produk tersebut. Promosi antara lain dapat
dilakukan melalui promosi penjualan
secara berkala maupun periklanan melalui beragam media termasuk media online. Karena konsumen pada umumnya lebih
terbiasa untuk bertransaksi secara
tradisional, maka pada saat konsumen melihat sebuah promosi melalui media online dan berminat akan suatu produk
serta harganya.
Penentuan
selanjutnya ialah tentang kepercayaan konsumen akan online shop tersebut. Keraguan dapat muncul, sehingga
kepercayaan adalah faktor kunci bagi sebuah
online shop. Berdasarkan hal
tersebut diatas, maka menarik untuk diteliti lebih lanjut tentang pengaruh produk, harga, kemudahan
pembelian, promosi, serta kepercayaan
terhadap minat konsumen terhadap produk tas pada akhirnya melakukan transaksi atau melakukan
pembelian secara online.
0 komentar:
Posting Komentar