Owner

Ellen Junita, Hendarto, Susana

Latar Belakang



Fashion adalah istilah umum untuk gaya atau mode. Fashion dan wanita merupakan dua hal yang tidak terpisahkan antara satu dengan yang lainnya. Setiap wanita ingin tampil gaya dan terlihat menarik. Karena itu berbagai macam aksesoris seperti baju, sepatu, tas sampai perhiasan dengan model terbaru, pastinya akan menarik perhatian para wanita yang mengaku diri sebagai fashionista, yaitu seseorang yang terlibat dalam dunia mode atau dengan semangat untuk fashion. Kata fashionista ini juga dipakai untuk menjelaskan seseorang yang mempunyai personal style yang luar biasa. Sebagai efek dari gaya hidup atau lifestyle tersebut itulah tidak jarang status sosial para fashionista dinilai dari merek atau brand sepatu, tas, atau apapun yang mereka gunakan. Dengan mengenakan produk branded meningkatkan kepercayaan diri dan menimbulkan kebanggaan tersendiri.
Salah satu produk fashion yang digemari khususnya untuk kaum wanita antara lain tas. Untuk bepergian ke tempat yang berbeda atau keperluan berbeda, sebagian wanita menggunakan tas yang berbeda-beda, sehingga beragam tas bermerek bermunculan dengan variasi model dan warna. Dengan penampilan yang matching, ditunjang produk dari merek ternama menjadikan fashion sebagai salah satu alat pemuas kebutuhan bagi fashionista.
Tas branded atau tas bermerk memiliki pasar yang sangat luas, terutama dikalangan masyarakat menengah ke atas. Pertumbuhan jumlah masyarakat menengah ke atas dengan kemampuan ekonomi yang baik sangat pesat sehingga permintaan produk fashion semakin tinggi demikian juga dengan permintaan tas branded. Tas Branded atau tas bermerk sangat banyak jumlahnya, yang dimaksud dengan tas branded umumnya adalah tas impor, tas yang berasal dari luar negeri. Tas branded memiliki daya tarik tersendiri di kalangan penggemar tas impor terutama kaum wanita, walau tidak sedikit tas branded juga disukai oleh kaum pria.
Tas Branded masing-masing memiliki kelebihan dalam desain maupun kualitas, memiliki ciri khas yang pasti sudah dikenal oleh para penggemar tas branded. Harga tas branded dapat mencapai ratusan ribu rupiah per tas, tergantung merk dan model tas tersebut. Peluang usaha tas branded wanita akan tetap baik sepanjang masa, bisa menjadi bisnis yang besar karena permintaan tetap banyak dan semakin bertambah. Sebut saja Celline, Michael Kors, Coach, Prada, Hermes dan lain-lain yang merupakan merk tas terkenal dikalangan penggemas tas. Merk-merk tersebut merupakan incaran dari kalangan masyarakat yang merupakan penggemar tas impor bermerk dan incaran para kolektor tas.
Cara penjualan modern menggunakan internet sebagai sarana utama, baik website, blog, maupun melalui akun jejaring sosial. Saat ini sudah menjadi hal yang lumrah bagi pelaku bisnis dunia fashion untuk menjual produknya melalui media internet (online).  Agar menarik minat konsumen untuk bertransaksi di sebuah online shop, tentu berkaitan dengan apa produk yang ditawarkan oleh online shop itu sendiri. Jika suatu produk sudah diketahui masyarakat umum mengenai kualitasnya atau produk tersebut sudah memiliki merek yang kuat, maka akan menarik minat konsumen.
Harga juga dapat menimbulkan minat konsumen, terlebih untuk konsumen yang sensitif terhadap harga. Dengan adanya selisih harga tertentu akan menentukan minat konsumen untuk bertransaksi membeli sebuah produk khususnya dalam pembelian secara online. Selain produk dan harga, kemudahan pembelian yang ditawarkan melalui pembelian secara online juga berperan dalam menarik minat konsumen. Misalnya bagi konsumen yang tidak memiliki cukup waktu untuk berkunjung ke toko-toko untuk melakukan pembelian secara tradisional, bisa berminat untuk berbelanja online karena salah satu kemudahan dari pembelian secara online yang bersifat realtime dan bisa diakses dimana saja.
Dalam menjual sebuah produk dibutuhkan promosi untuk menyampaikan informasi mengenai produk tersebut kepada konsumen agar konsumen tertarik akan produk tersebut. Promosi antara lain dapat dilakukan melalui promosi penjualan secara berkala maupun periklanan melalui beragam media termasuk media online. Karena konsumen pada umumnya lebih terbiasa untuk bertransaksi secara tradisional, maka pada saat konsumen melihat sebuah promosi melalui media online dan berminat akan suatu produk serta harganya.
Penentuan selanjutnya ialah tentang kepercayaan konsumen akan online shop tersebut. Keraguan dapat muncul, sehingga kepercayaan adalah faktor kunci bagi sebuah online shop. Berdasarkan hal tersebut diatas, maka menarik untuk diteliti lebih lanjut tentang pengaruh produk, harga, kemudahan pembelian, promosi, serta kepercayaan terhadap minat konsumen terhadap produk tas pada akhirnya melakukan transaksi atau melakukan pembelian secara online.

0 komentar:

Posting Komentar